Biografi Tokoh Islam Indonesia

Banyak tokoh dan pahlawan di Indonesia yang telah berkontribusi bagi kemerdekaan, pembangunan maupun jasanya terhadap berdirinya Republik Indonesia, redaksi initu.id mencoba untuk menulis ulang catatan Biografi Tokoh maupun pahlawan di Indonesia secara Singkat, ada beberapa kategori yang coba kami tuliskan disini, antara lain Biografi Pahlawan Nasional, Biografi Pahlawan Revolusi, Biografi Pahlawan Reformasi,dan juga kami akan menyajikan Biografi Tokoh Indonesia (Masih Tugas)

1. KH Kholil Bangkalan 

KH Kholil Bangkalan Madura Hari Selasa tanggal 11 Jumadil Akhir 1235 H atau 27 Januari 1820 M, Abdul Lathif seorang Kyai pada Kampung Senenan, Desa Kemayoran, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, ujung Barat Pulau Madura, Jawa Timur, merasakan kegembiraan yg teramat sangat. Sebab hari itu, berasal rahim istrinya lahir seorang anak laki-laki  yang sehat, yg diberinya nama Muhammad Kholil, yang kelak akan terkenal menggunakan nama Mbah Kholil.

2. KH Hasyim Asy’ari Pendiri NU

Kyai Haji Mohammad Hasyim Asy’ari, bagian belakangnya juga sering dieja Asy’ari atau Ashari, lahir 10 April 1875 (24Dzulqaidah 1287H) dan wafat pada 25 Juli 1947; dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang, adalah pendiri Nahdlatul Ulama, organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia.

3.  Kyai Haji Ahmad Dahlan 

Kyai Haji Ahmad Dahlan lahir di Yogyakarta, 1 Agustus 1868, Nama kecil KH. Ahmad Dahlan adalah Muhammad Darwis. Ia merupakan anak keempat dari tujuh orang bersaudara yang keseluruhan saudaranya perempuan, kecuali adik bungsunya. Pendiri Muhammadiyah ini termasuk keturunan yang kedua belas dari Maulana Malik Ibrahim, salah seorang yang terkemuka di antara Walisongo, yaitu pelopor penyebaran agama Islam di Jawa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan komentar